Senin, 12 September 2016




DAFTAR ISI

BAB 1  PENDAHULUAN .................................................................  1
A.  Latar Belakang ..........................................................................  1
B.  Rumusan Masalah .....................................................................  1
C.  Tujuan .........................................................................................  1
D.  Metode ........................................................................................  1
BAB II PEMBAHASAN ....................................................................  2
     -   Periode-periode pada zaman mesozoikum ............................  2
     -   Peninggalan benda bersejarah
          pada zaman Mesozoikum ........................................................  4

BAB III PENUTUP ............................................................................  6
A.  Kesimpulan ...............................................................................  6
















KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah hasil diskusi  kelompok kami dapat terselesaikan.
            Makalah  ini kami susun untuk memenuhi tugas yang diberikan kepada kami dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai tahapan perkembangan zaman mesozoikum.
            Selanjutnya, kami mengucapkan terima kasih kepada Nana Rahmat selaku guru bidang studi sejarah yang telah memberikan bimbingan dan saran yang berharga dalam penyusunan makalah ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik.
            Kami menyadari bahwa laporan ini sangat jauh dari kesempurnaan dan masih mengalami kekurangan baik dari segi isi maupun penyusunannya. Maka dari itu, kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan untuk menyempurnakan makalah ini.

Lemahabang, 10 September 2016



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
    Mesozoikum (/ˌɛmszəoʊɪk, mI-,-soʊ-/ atau /ˌmɛzəzoʊɪk,ˌmI-,-zoʊ-/) adalah selang waktu geologi dari sekitar 252 ke 66 juta tahun yang lalu. Disebut juga Zaman Reptil, frasa yang diperkenalkan oleh ahli paleontologi Gideon Mantell pada abad ke-19 yang melihat periode ini didominasi oleh reptil seperti Iguanodon, Megalosaurus, Plesiosaurus, serta yang sekarang disebut pseudosuchia.
   Era ini dibagi menjadi tiga periode utama: TriasJura, dan Kapur, yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa zaman dan tahap.
   Era dimulai dari Peristiwa Kepunahan Perm-Trias, kepunahan massal  terbesar yang tercatat dalam sejarah bumi, dan berakhir denganPeristiwa Kepunahan Kapur-Paleogen, kepunahan massal lain yang dikenal karena telah membunuh dinosaurus non-unggas serta spesies tanaman dan hewan lainnya. Mesozoikum adalah masa signifikan bagi perubahan tektonikiklim dan aktivitas evolusi. Era ini menyaksikan perpecahan bertahap superbenua Pangaea ke daratan terpisah yang akhirnya akan pindah ke posisi mereka saat ini. Iklim Mesozoikum bervariasi, antara periode pemanasan dan pendinginan bergantian. Secara keseluruhan, Bumi lebih panas dari saat ini. Dinosaurus non-unggas  muncul di Trias Akhir dan menjadi vertebrata darat yang dominan di awal Periode Jura, dan tetap di posisi ini selama sekitar 135 juta tahun sampai kepunahan mereka pada akhir periode Kapur. 
B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1)      Apa itu zaman mesozoikum?
2)      Apa sajakah periode-periode pada zaman mesozoikum?
3)      Apa sajakah peninggalan-peninggalan pada zaman mesozoikum?

C.    Tujuan
Dalam menyelesaikan masalah yang telah dibahas sebelumnya, maka tujuan yang ingin kami capai adalah:
1)      Dapat menjelaskan tentang zaman mesozoikum.
2)      Untuk mengetahuiperiode-periode pada zaman mesozoikum.
3)      Untuk mengetahui peninggalan- peninggalan pada zaman mesozoikum.

D.    Metode
Metode yang kami gunakan untuk menyusun makalah ini, yaitu melalui studi pustaka dan pengambilan dari berbagai sumber di internet.



BAB II
PEMBAHASAN
PERIODE-PERIODE ZAMAN MESOZOIKUM   

      Mesozoikum berarti"kehidupan tengah", berasal dari bahasa Yunani awalan meso / μεσο- untuk "antara" dan Zoon / ζῷον berarti "hewan"atau "makhluk hidup". Ini adalah salah satu dari tiga era geologi dari Eon Fanerozoikum, didahului oleh Paleozoic ("kehidupan purba") dan digantikan oleh Kenozoikum ("hidup baru").
     Zaman Mesozoikum (Zaman Sekunder) diperkirakan berumur kurang lebih 150 juta tahun yang lalu. Kemunculan makhluk hidup telah mulai beraneka ragam, dan pada masa ini telah hidup binatang bertubuh besar seperti halnya reptil besar (dinosaurus) seperti Tyrannosaurus, Spinosaurus, Stegosaurus dan reptil besar lainnya pun mulai muncul, berkembang dan menyebar hingga ke seluruh dunia. 
Pada zaman Mesozoikum, keadaan alam mulai berubah dengan tanah yang semakin kering. Ada beberapa binatang yang tetap bertahan hidup walau ada juga yang punah. Kehidupan hewan seperti ikan banyak yang berubah tetapi, ada jenis yang tetap bisa bertahan hidup walau berada ditanah.

   Di samping reptil berbentuk besar yang hidup di darat, beberapa jenis burung juga sudah ada di zaman ini. Pada zaman itu ada corak kehidupan yang unik yaitu “jokken moddinger” merupakan timbunan sampah dapur yang terdapat di sepanjang pantai timur Sumatra berupa sampah dari kulit siput dan kerang.

1.)  Periode Trias (terjadi kira-kira 245-208 juta tahun yang lalu)
    Pada akhir periode Trias, benua Pangea yang telah terbentuk mulai terpecah akibat                   gaya-gaya tektonik menjadi benua Laurasia di utara dan benua Gondwana di selatan.
Pangea di kelilngi oleh  samudra yang disebut Panthalassa sehingga pada bagian tepinya mengalami iklim muson, sedangkan iklim dibagian tengah tetap hangat dan kering. Hewan khas pada masa Trias adalah berbagai jenis Dinosaurus yang mendominasi bumi, mulai dari daratan hingga lautan. Hewan yang muncul pada periode ini adalah mamalia, dinosaurus, dan berbagai reptil yang hidup di air.
     Di akhir masa Trias kembali terjadi kepunahan massal, tetapi dinosaurus tetap bertahan hingga ke masa Jura dan Kretaseus.


2.)  Periode Jura (terjadi kira-kira 208-145 tahun yang lalu)
   Pada periode ini, sudah mulai terbentuk Samudra Atlantik dan dinosaurus mendominasi planet bumi. Hewan lain yang muncul adalah burung.
   Pada awal periode Jura, benua Laurasia dan Gondwana kembali terpecah. Laurasia terpecah menjadi Amerika Utara dab Eurasia, Gondwana baru terpecah pada pertengahan masa Jura.
    Bagian timurnya menjadi Antartika, Madagaskar, India, dan Australia. Di sisi barat, Gondwana terurai menjadi Afrika dan Amerika Selatan. Lautan-lautan baru terbentuk serta menjadi pengangkatan dasar laut hingga menyerupai dengan daratan yang sudah ada membentuk pegunungan.

3.)  Periode Kapur (terjadi kira-kira 145-65 juta tahun yang lalu)
Zaman ini merupakan puncak kejayaan Dinosaurus raksasa dan reptilia terbang. Mamalia dan tumbuhan berbunga mulai berkembang menjadi berbagai ragam dan bentuk. Mamalia ber-placenta mulai muncul pertama kali. Saat itu iklim sedang mulai muncul. Pada zaman ini India mulai terlepas jauh dari Afrika dan bergerak menuju Asia.

Kepunahan Kedua Pada Akhir Periode Kapur
   Peristiwa kepunahan besar-besaran tahap kedua yang terjadi pada akhir zaman kapur (65 juta yang lalu) merupakan tand berakhirnya Zaman Mesozoikum, sekaligus awal mula Masa Kenozoikum. Jenis-jenis kehidupan yang punah meliputi : Dinosaurus,Pterosaurus,ichthyosaurus,piesiosaurus dan kelompok binatang miloska(amonit dan belemnit) serta sebagian besar brakcopoda.

Teori yang menerangkan penyebab tentang kepunahan Masal ini banyak, diantaranya adalah teori tentang jatuhnya meteorit raksasa yang membentur bumi dengan benturan sangat dahsyatnya. Benturan meteorit ini menimbulkan panas dan kebakaran sehingga terjadi penguapan besar-besaran yang menghasilkan awan tebal.

Awan tebal ini menghalangi sinar matahari sehingga terjadi pendingina global dan penipisan oksigen yang mengakibatkan sebagian tumbuhan, hewan pemakan tumbuhan dan hewan pemakan daging  juga mati. Dinosaurus yang merupakan hewan berdarah  panas tidak mampu bertahan hidup pada iklimseperti itu dan akhirnya punah.




PENINGGALAN BENDA BERSEJARAH PADA ZAMAN MESOZOIKUM




  


  Inilah benda-benda prasejarah peninggalan pada zaman Mesozoikum. Benda-benda ini ditemukan oleh para peneliti dan diperkirakan hidup pada zaman mesozoikum.
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Priodesasi masa prasejarah berdasarkan ilmu geoligi ini dilakukan untuk mengetahui terbentuknya bumi dari masa awal sampai seperti saat   ini, melalui lapisan-lapisan bumi. Melalui lapisan-lapisan bumi kita akan mengetahui usia fosil dan benda-benda purbakala.  Semakin dalam  dari permukaan tanah  tempat ditemukannya fosil atau benda tersebut maka dpat disimpulkan bahwa usia benda itu semakin tua dan sebaliknya.  Melalui pemeriksaan laboratorium, akan diketahui berapa kira-kira usia bumi beserta makhluk yang pernah menghuninya.berikut adalah uraian mengenai tahapan-tahapan terciptanya bumi.
Pembabakan  prasejarah berdasarkan ilmu arkeologi  bertujuan untuk mengetahui usia manusia purba berdasarkan peninggalan purbakala. Benda-benda tersebut dapat berupa perkakas rumah tangga, patung, coretan di gua, dan fosil purba. Manusia purba menggunakan alat-alat untuk memenuhi kebutuhannya seperti mencari dan mengolah makanan dengan menggunakan perkakas dari batu atau benda-benda alam lainnya yang keras seperti kayu dan tulang.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar